Rabu, 10 Desember 2008

SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN SENTRAL ARSIP ONLINE PADA PT PERTAMINA EP REGION JAWA BERBASIS WEB

Selamat Datang di situsnya Malaikat Cinta



abstraksi :

Pengaruh globalisasi ekonomi dan informasi yang demikian luas karena perkembangan perekonomian dan perdagangan, baik nasional maupun internasional yang bergerak cepat, mengakibatkan meningkatnya penggunaan dokumen, sehingga mengharuskan dunia usaha meningkatkan kemampuannya secara efektif dan efisien khususnya dalam pengelolaan dokumen perusahaan. Undang-undang Nomor 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan, merupakan peraturan yang dapat menjawab berbagai persoalan tersebut. Peraturan ini merupakan bagian dari pembangunan hukum ekonomi dalam upaya memacu laju pertumbuhan perusahaan melalui pengelolaan dokumen perusahaan yang efektif dan efisien.
Di satu sisi, penggunaan dokumen merupakan aspek yang penting bagi kelangsungan perusahaan, karena berkaitan dengan hak dan kewajiban para pihak dalam melakukan suatu transaksi. Tetapi, di sisi lain pengelolaan dokumen merupakan beban tersendiri bagi perusahaan karena untuk mengelola termasuk menyimpan dan memeliharanya, diperlukan ruang, tenaga, dan biaya yang tidak kecil.
Beban tersebut terasa semakin berat dengan adanya ketentuan mengenai wajib simpan dokumen sebagaimana diatur dalam pasal 6 KUHD (Wetboek van Koophandel voor Indonesie, staatblad 1847 : 23), yang mewajibkan setiap orang yang menjalankan perusahaan menyelenggarakan dan menyimpan dokumen tersebut antara 10 (sepuluh) sampai dengan 30 (tiga puluh) tahun. Ketentuan ini sangat menyulitkan perusahaan, karena dari waktu ke waktu volume dokumen semakin meningkat sehingga menimbulkan beban ekonomis dan administratif yang memberatkan perusahaan. Tentunya hal ini tidak sesuai lagi dengan perkembangan dan kebutuhan hukum masyarakat, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan dewasa ini.
Dalam dunia perkantoran (office) dokumen memainkan peranan penting karena seluruh transaksi yang terjadi biasanya ditulis atau disimpan ke dalam dokumen. Dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang sedemikian pesatnya menyebabkan perubahan yang signifikan dalam hal menulis dan menyimpan dokumen. Era sebelum komputer muncul, dokumen dibuat dalam bentuk arsip dan diorganisir dengan menggunakan lemari yang berindeks. Dapat kita bayangkan betapa susahnya jika kita ingin mencari dokumen yang sudah lama tidak terpakai.
Dalam penyimpanan dokumen PT Pertamina EP Region Jawa umumnya masih menggunakan metode lama, sebagian besar dokumen disimpan dalam bentuk cetakan (kertas, gambar, dan sebagainya). Hal tersebut membuat para user yang akan mencari dokumen membutuhkan waktu yang lama.
Berdasarkan permasalahan yang ada, maka penulis melakukan penelitian tentang sistem informasi dokumen perusahaan guna memudahkan baik dalam penyimpanan maupun dalam pencarian dokumen kembali.

untuk keterangan lebih lanjut tentang isi skripsi ini : klik disini

chat : toby_aquors@yahoo.com

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Tidak ada komentar: